MediaIma: Trik Menghitung Rentan Hari | Penghitung Mundur Pada Excel

Rabu

Trik Menghitung Rentan Hari | Penghitung Mundur Pada Excel

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Pastinya sobat sering mendengar kalimat ini "10 Hari Lagi Hari Kemerdekaan" atau "59 Hari Menjelang Ramadhan" dan sebagainya kalimat yang sejenis itu. Sobat juga bisa kok membuat penghitung mundur seperti itu, misal sobat sedang menunggu hari ulang tahun kekasih dan ingin tahu berapa hari lagi, sama seperti itu pula. Kali ini MediaIma akan membuatnya dengan menggunakan Ms.Excel. Penasaran dengan langkah-langkahnya ! yuk ikuti langkah berikut.

1. Buka Ms.Excel sobat.

2. Buat tabel seperti di bawah,

Trik Menghitung Rentan Hari | Penghitung Mundur Pada Excel


3. Saat penulisan tanggal harus sesuai dengan format tanggal yang dipakai komputer sobat, ada yang menggunakan 00-00-00, dan 00/00/00, jadi sobat sesuaikan dengan melihat format tanggal yang digunakan komputer sobat dahulu. Secara default Ms.Excel menggunakan pengaturan regional English(UK) yaitu "00/00/", tapi jangan khawatir jika sobat ingin menggunakan regional Indonesia, maka tinggal merubah pengaturannya saja, caranya sebagai berikut, pertama seleksi semua cell yang berisi data tanggal misal berdasarkan tabel tadi yaitu cell C4 sampai C7, kemudian klik kanan, pilih Format Cell, pilih Number, pilih Date, pada kolom Locale(location) cari Indonesian dan pilih, pada kolom Type sobat bisa menentukan sendiri. Jika sudah klik OK. Maka format penulisan tangal sudah menggunakan Indonesia misal seperti "00-00-".

3. Klik pada cell D4, kemudian ketikkan rumus berikut pada formula bar :
    =C4-TODAY() & " Hari Lagi"       kemudian tekan Enter, Kemudian Copy rumus kebawah     dengan klik pada cell D4 letakkan kursor pada ujung kanan bawah hingga muncul tanda +, drag sampai pada cell D7.

Trik Menghitung Rentan Hari | Penghitung Mundur Pada Excel

5. Selesai.


Mudah kan sobat. Karena memakai fungsi TODAY(), maka data di atas akan berganti-ganti setiap hari secara otomatis sesuai dengan tangal yang berlaku sekarang. Selamat mencoba sobat, semoga bermanfaat. Jangan lupa mampir di artikel lainnya sobat, terima kasih.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Silahkan Sukai dan Bagikan Artikel Ini :

1 komentar: