MediaIma: Resep Cilok Tahu dan Ayam Spesial Empuk, Lembut, & Nikmat

Minggu

Resep Cilok Tahu dan Ayam Spesial Empuk, Lembut, & Nikmat

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Cilok alias aci di colok ini memang makanan favorit banyak kalangan yah sobat, mulai dari anak kecil hingga orang sudah tua malah, hehe, mereka pada suka. Selain rasanya yang lumayan lah buat lidah orang Indonesia, tapi harganya pun tidak terlalu menguras dompet kita. Jadi tentunya tak jarang kita temui para pedagang keliling maupun kaki lima yang menjajakan si cilok ini.

Resep Cilok Tahu dan Ayam Spesial Empuk, Lembut, & NikmatResep Cilok Tahu dan Ayam Spesial Empuk, Lembut, & Nikmat

Lebih enaknya lagi kalau kita bikin sendiri sobat, tentunya lebih higenis dan rasa sesuai selera kita. Cara membuat cilok juga berbeda-beda sobat, ada yang menambahkan telor pada adonan dan ada yang tidak. Ada yang sekali membulatkan langsung direbus, ada yang dibulatkan dulu sampai adonan habis baru direbus. Dari dulu saya sering membuat sendiri makanan yang satu ini sobat, tapi saya memakai cara sekali membualatkan adonan langsung direbus. Nah kemarin saya mencoba cara yang lain, yaitu menambahkan telor pada adonan  dan menghabiskan adonan untuk dibulatkan terlebih dahulu, baru kemudian di rebus. Dan ternyata hasilnya, rasanya lebih nikmat dibandingkan dengan cara yang saya pakai sebelumnya, lebih empuk-empuk kenyal gituh. Kita juga bisa menambahkan isi di dalamnya sesuai yang kita inginkan, misalkan diisi ayam, telor, ikan dan lain sebagainya. Tahu juga enak dijadikan sebagai kulit cilok. Penasaran resepnya,! yuk kita lihat resep berikut.


Bahan-bahan :

250 gram Tepung Terigu
200 gram Tepung Tapioka
1 butir Telur
5 siung Bawang Putih (dihaluskan)
1 sdt Merica Bubuk
3 blok Kaldu Ayam
1-2 sdt Garam Halus
1 buah Dada Ayam (sudah matang dan dibumbui kemudian dipotong dadu kecil)
10 buah Tahu Sumedang (potong menjadi 2 bagian menjadi bentuk segitiga)
250 ml Air putih
Secukupnya Air untuk merebus


Cara Membuat :

  • Rebus menggunakan panci anti lengket 1,5 gelas air putih bersama bumbu yaitu bawang putih, merica, kaldu ayam, dan garam hingga mendidih.
  • Matikan api, masukkan tepung terigu kedalam panci. Aduk hingga merata, nyalakan api kecil sambil mengaduk adonan dengan cepat, masak sebentar hingga adonan menggumpal.
  • Angkat dan biarkan sampai adonan hangat tidak terlalu panas, tapi jangan sampai dingin agar mudah saat pencampuran bahan lainnya.
  • Setelah panasnya berkurang alias hangat, masukkan telur aduk dengan cepat agar telur tidak matang dalam adonan. Lebih baik pakai tangan bersih saat mengaduk, kemudian masukkan tepung tapioka dan aduk lagi hingga tercampur rata.
  • Mungkin adonan terasa agak lengket tapi jangan tergoda untuk menambahkan tepung lagi. Cukup baluri telapak tangan dengan tepung kemudian ambil sejumput adonan kemudian pipihkan, letakkan potongan ayam kecil di tengah, tutup, dan bulatkan kecil-kecil letakkan pada wadah lebar yang sudah ditaburi dengan sedikit tepung agar tidak lengket, terus bulatkan hingga adonan habis. Selanjutnya mengisi tahu dengan cilok, ambil potongan tahu masukkan bulatan cilok ke dalam tahu, agak ditekan sedikit agar lebih menempel. Sambil siapkan air rebusan secukupnya untuk merebus adonan yang sudah dibulatkan.
  • Jika adonan sudah jadi bulatan kecil semua, dan tahu sudah terisi adonan semua dan air sudah mendidih, masukkan cilok ke panci, rebus hingga adonan mengapung tanda sudah setengah matang.
  • Angkat cilok yang sudah mengapung lalu pindahkan ke panci pengukus. Jika cilok sudah pindah tempat ke panci pengukus semua, kukus cilok hingga matang.


Nikmati cilok selagi hangat dengan sauce+kecap atau sambal kacang. Nah itulah sobat Resep Cilok Tahu dan Ayam Spesial Empuk, Lembut, & Nikmat dari MediaIma, selamat mencoba yah. Semoga bermanfaat.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Silahkan Sukai dan Bagikan Artikel Ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar