بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Membuat data-data otomatis di Ms.Excel adalah salah satu cara agar pekerjaan kita lebih efisien. Dibandingkan kita harus mengetik kata satu per satu. Jika kata-kata tersebut sering kita gunakan setiap hari, tentu saja terasa ribet jika kita tidak membuatnya otomatis.
Sebenarnya di dalam Ms.Excel sudah ada beberapa data otomatis, misalnya nama-nama hari dalam satu minggu, nama bulan dalam satu tahun, dan lain-lain. Disini Media Ima akan berbagi cara menambahkan data-data tersebut sesuai keinginan atau kebutuhan kita.
Berikut cara membuat data otomatisnya sobat,
- Buka Ms.Excel di komputer sobat.
- Klik kanan pada menu bar, pilih Customize Quick Acces Toolbar. Seperti gambar dibawah,
- Maka akan tampil kotak dialog Excel Options.

- Kemudian pilih Advance.
- Gulir ke bawah, Cari General , kemudian klik Edit Custom List.
- Anda akan dihadapkan pada kotak dialog Custom List.
- Pilih NEW LIST, kemudian ketikkan data-data baru yang akan sobat buat di kolom List entries. Gunakan enter untuk menambahkan kata selanjutnya. Jika data sudah ditambahkan semua klik Add, maka data yang sobat tambahkan tadi sudah masuk ke kolom Custom lists disampingnya. Jika sudah berhasil klik OK.
- Lalu bagaimana jika ingin menampilkan data tersebut secara otomatis ? caranya tinggal ketikkan kata pertama dari data tersebut pada cell, misalkan 'Sun' , kemudian tarik ( tanda + di pojok kanan bawah cell aktif ) ke bawah sampai semua data muncul.
- Selesai.
Nah mudah bukan !. Selamat mencoba yah sobat, masih banyak trik-trik lainnya. Jangan lupa baca artikel lainnya ya sobat. Terima kasih.
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Tidak ada komentar:
Posting Komentar