MediaIma: Trik Menghitung Usia Secara Tepat dan Detail dengan Excel

Rabu

Trik Menghitung Usia Secara Tepat dan Detail dengan Excel

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Trik Menghitung Usia Secara Tepat disini maksudnya adalah menghitung usia detail dengan bulan dan harinya juga sobat. Biasanya kan kita hanya menyebutkan usia dengan tahun saja. Ms. Excel telah menyediakan fungsi "DATEIF" yang berguna untuk menghitung usia seseorang secara tepat dengan cepat dan mudah. Untuk mengetahui caranya mari kita ikuti langkah-langkah berikut sobat,


1. Buka Ms.Excel.

2. Buatlah sebuah tabel yang berisi data nama dan tanggal lahir seseorang, seperti contoh dibawah,


Trik Menghitung Usia Secara Tepat dan Detail dengan Excel


3. Saat penulisan tanggal harus sesuai dengan format tanggal yang sedang dipakai komputer sobat.   Sobat juga bisa melihat cara merubah format penulisan tanggal DI SINI.

4. Untuk mengetahui usianya klik pada cell D4 kemudian ketikkan rumus berikut
=DATEDIF(C4,TODAY(),"y")&"tahun,"&DATEDIF(C4,TODAY(),"ym")&"bulan,"&DATEDIF(C4,TODAY(),"md")&" hari"          tekan Enter, Copy rumus kebawah dengan klik pada cell D4 letakkan kursor pada ujung kanan bawah hingga muncul tanda +, drag sampai pada cell D8.


Trik Menghitung Usia Secara Tepat dan Detail dengan Excel


5. Selesai.

Nah, sekarang sudah terlihat usia detail berdasarkan data yang kita masukkan. Selamat mencoba sobat. Baca juga artikel selanjutnya yang tak kalah menarik yaitu Cara Menghitung Usia dalam Format Satuan Hari.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Silahkan Sukai dan Bagikan Artikel Ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar