MediaIma: Trik Mengatasi Gagal Mengirim Email | Mailer Daemon

Jumat

Trik Mengatasi Gagal Mengirim Email | Mailer Daemon

Trik Mengatasi Gagal Mengirim Email | Mailer Daemon

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Ini nih, mungkin diantara sobat ada yang pernah mengalamai kegagalan ketika mengirim email, atau kebanyakan orang menyebutnya dengan mailer daemon, biasanya kita mendapatkan balasan dari Mail Delivery Subsystem yang isinya tentang terjadinya kegagalan ketika mengirim sebuah email ke alamat yang telah kita kirim. Nah, untuk mengatasinya MediaIma akan memberikan solusinya. Tapi sebelumnya kita harus tahu penyebabnya terlebih dahulu, kenapa bisa terjadi mailer daemon.

Diibaratkan kita sedang mengirim surat lewat kantor pos ke sebuah alamat, tapi dikarenakan beberapa penyebab surat kita dikembalikan lagi oleh kantor pos, alias gagal mengirim surat. Hal tersebut bisa dikarenakan kita salah menulis alamat tujuan atau berbagai alasan yang lainnya. Sama seperti itulah mailer daemon terjadi.

Sebenarnya kita bisa mengetahui sendiri apa alasan terjadinya mailer daemon ketika kita membaca dengan saksama isi dari balasan mailer daemon tersebut atau dari Mail Delivery Subsystem. Tapi sayangnya ada sebagian diantara kita kurang begitu memahami bahasa inggris, sehingga sulit untuk mengetahui alasan terjadinya mailer daemon. Alasan umum penyebab terjadinya mailer daemon adalah sebagai berikut :


1. Nama email tidak valid

Ini biasanya disebabkan penulisan yang salah sehingga email tersebut tidak ada penerimanya. Jadi harus teliti ketika menulis alamat email, salah atau kurang satu huruf saja bisa gagal mengirim.


2. Mailbox penuh

Ini terjadi karena kotak masuk si penerima penuh, maka email yang kita kirim tidak bisa masuk. Kotak masuk email dibatasai, sedangkan setiap hari banyak ribuan email masuk misalnya, maka tidak ada tempat untuk email yang kita kirim, sehingga dikembalikanlah email kita alias gagal.


3. Ter-reject oleh sistem

Hal ini disebabkan oleh sistem yang menolak email masuk. Misal mengirim email lamaran kerja ke sebuah perusahaan, biasanya email disetting kapan bisa menerima email masuk dan kapan menolak email yang masuk. Jadi misal ada yang gagal mengirim ke alamat tersebut bisa jadi perusahaan tersebut sedang tidak ada lowongan kerja, atau mungkin hanya bisa menerima email ketika jam kerja saja.


4. Melebihi kapasitas yang telah ditentukan

Biasanya ada peraturan tertentu dari perusahaan saat mengirimkan email, misalnya ukuran file tidak boleh melebihi 2Mb dan sebagainya. Jadi jika si pengirim mengirim email dengan ukuran yang melebihi batas tersebut, maka tidak diragukan lagi pasti akan terjadi kegagalan karena sistem akan menolak.


5. Email sudah tidak aktif

Kalau yang ini sudah pasti tidak bisa dikirim karena email sudah tidak aktif.



Lalu Apa Yang Harus Saya Lakukan ? 


Kemudian apa yang kita lakukan agar kita tidak buang-buang waktu melakukan pekerjaan yang sia-sia, misal sudah tahu mailer daemon terus tapi tetap saja mengirim terus, maka itu pekerjaan yang sia-sia bukan ? Nah untuk mengatasi hal tersebut maka yang harus kita lakukan adalah mengecek alamat email tersebut, dengan cara :


1. Buka alamat verifikasi email DI SINI [ Pojok kanan atas, Tunggu 5 detik, SKIP THIS AD ]

2. Ketikkan alamat email yang akan sobat cek pada kotak tersedia, kemudian klik Verify Email Now.

Trik Mengatasi Gagal Mengirim Email | Mailer Daemon


3. Tunggu beberapa detik maka akan muncul hasil verifikasinya, misal seperti dibawah,

Trik Mengatasi Gagal Mengirim Email | Mailer Daemon


Hasil verifikasi di atas kurang lebih berarti bahwa penulisan email sudah benar, koneksi ke pusat alamat email bisa jalan, tapi alamat email tidak valid. Kenapa tidak valid ? bisa dilihat detailnya pada keterangan dibawahnya bahwa alamat email ditolak atau rejected. Bisa saja kotak masuk si penerima sudah penuh atau mungkin sedang di tutup sementara.

Jika alamat email valid maka hasil verifikasinya akan menampilkan tanda checklist semua, misal seperti gambar di bawah ini,

Trik Mengatasi Gagal Mengirim Email | Mailer Daemon


Begitulah sobat, Trik Mengatasi Gagal Mengirim Email | Mailer Daemon. Jadi sekarang sudah tahu kan apa yang harus kita lakukan ketika mengalami hal tersebut. Semoga bermanfaat, jangan lupa mampir di artikel lainnya sobat, terima kasih.


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Silahkan Sukai dan Bagikan Artikel Ini :

2 komentar:

  1. mbak kalo email nya connecting to blablabla@gmail.com is failed itu artinya kita ga bisa ngirim ke alamat itu lagi ato gimana, mohon jawabannya, trimakasih.

    BalasHapus
  2. makasih mba atas sarannya, tpi klo email ditolak secara permanent gimana dong?

    BalasHapus